Buku ini membahas ihwal kearsipan secara komprehensif, baik dari segi manajerial maupun operasional kearsipan, yang meliputi : Bab.1 Sistem kearsipan organisasi, Bab.2 Warkat dan arsip, Bab.3 Unit Organisasi kearsipan, Bab.4 Manajemen kearsipan, Bab.5 Perencanaan kearsipan : penentuan kegiatan dan fasilitas kearsipan, Bab.6 Penyusunan klasifikasi arsip, kode dan indeks, Bab.7 Pencip…
Buku ini membahas tentang sistem kearsipan dari konvensional sampai pada basis komputer. Pembahasan dilakukan secara lugas dan sederhana, sehingga diharapkan dapat mempermudah pembaca, terutama mahasiswa di bidang skretaris, manajemen atau administrasi perkantoran untuk membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang manajemen kearsipan yang baik. Buku ini terdiri dari 13 bab, yang m…
Setiap pekerjaan dan kegiatan di perkantoran memerlukan data dan informasi. Salah satu sumber data adalah arsip, karena arsip adalah bukti dan rekaman dari kegiatan atau transaksi mulai dari kegiatan terdepan (loket dan tempat pembayaran) sampai kepada kegiatan-kegiatan pengambilan keputusan. Untuk pengambilan keputusan, arsip diolah baik secar amanual maupun dengan komputer …
Kearsipan berperan sangat penting dalam administrasi yaitu sebagai pusat ingatan dan sumber informasi dalam rangka melakukan kegiatan perencanaan, penganalisisan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, penilaian, pengendalian dan pertanggungjawaban dengan secepat-cepatnya. Atas dasar pertimbangan tersebut, buku ini disusun dengan pembahasan tentang : Bab. 1 P…