Text
Konsep grafika komputer
Buku ini akan memuat teknik-teknik dasar dalam penggunaan aplikasi grafika komputer. Aplikasi grafika komputer merupakan aplikasi dan software untuk memanipulasi gambar secara digital. Buku ini disusun mulai dari pengetahuan dasar mengenai beberapa aplikasi grafika komputer. Buku Konsep Grafika Komputer ini terdiri atas 9 bab. Pada bab 1 akan diberikan dasar-dasar grafika komputer dan komponen yang menyertainya. Pada bab 2 akan diberikan pemahaman mengenai output primitif yang berisi tentang pemberian warna dan ukuran besar kecilnya output primitif yang terbentuk. Pada bab 3 akan dijelaskan atribut dari output primitif yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya serta dibagi menjadi 2 kategori besar yaitu atribut titik dan atribut garis. Pada bab 4 akan dijelaskan trasformasi geometri 2D dan 3D dimana akan adanya rekayasa tertentu pada dimensi setiap objek pada sisi bentuk dan posisinya. Pada bab 5 akan dijelaskan bagaimana proses viewing dan clipping pada objek 2D dan pada bab 6 akan dijelaskan viewing pada objek 3D dengan menampilkan gambar dari world coordinate system sampai ke device coordinate system hingga dapat melihat gambar yang muncul di layar. Pada bab 7 akan dijelaskan kurva spline mulai dari representasi kurva hingga kurva parametrik kubik. Pada bab 8 akan dijelaskan mengenai visible surface detection dan pada bab 9 akan dibahas illuminasi, lighting, dan shading. Buku ini berisi teori dan soal latihan untuk mengembangkan kemampuan pembaca dalam menguasai setiap babnya.
Tidak tersedia versi lain