Salah satu tantangan terbesar dalam pembelajaran, pada tingkatan apapun, adalah memastikan bahwa transfer pengetahuan (dan juga nil..."> Salah satu tantangan terbesar dalam pembelajaran, pada tingkatan apapun, adalah memastikan bahwa transfer pengetahuan (dan juga nil..."/>
Text
Pembelajaran Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi : Perspektif Dan Pengalaman
Salah satu tantangan terbesar dalam pembelajaran, pada tingkatan apapun, adalah memastikan bahwa transfer pengetahuan (dan juga nilai-nilai) dapat berjalan dengan baik. Banyak factor yang terlibat dalam pembelajaran ini. Dari bagaimana dosen dan mahasiswa memandang perkuliahan; �lingkungan akademik; sampaidengan metode pembelajaran yang digunakan. Mengajar merupakan tantangan yang menarik. Apa yang harus diajarkan? Bagaimana mengajarkannya? Dan untuk apa hal itu diajarkan? Pengetahuan (knowledge tersusun atas explicit knowledge (pengetahuan yang dikodifikasikan/ dibukukan) dan tacit knowledge (pengetahuan yang tersimpan dalam pengalaman masing-masing orang yang belum dibukukan). Tacit knowledge merupakan keunggulan yang sulit dikejar oleh competitor. Tacid knowledge tidak selalu sepenuhnya dapat diubah menjadi explicit knowledge. Mengandalkan pada what you do (apa yang anda lakukan), misalnya pemrograman computer, bukanlah sebuah keunggulan. Tetapi bila what you do dikombinasikan dengan how you do it (bagaimana anda melakukannya) maka kita dapat berharap memperoleh keunggulan. Jurusan Teknik Informatika UII berhasil mengoleksi pemikiran dan pengalaman para dosen dan tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lain. Buku ini berisi koleksi yang mengkombinasikan explicit knowledge dan tacit knowledge para dosen Jurusan Teknik Informatika UII.��
Tidak tersedia versi lain