No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang kereta api Stasiun Weleri Kendal



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan penumpang Stasiun Weleri Kendal. Metode pengumpulan data menggunakan penelusuran literatur, kuesioner, dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 100 responden dengan kriteria seseorang yang pernah membeli tiket pada Stasiun Weleri Kendal minimal sebanyak 2 kali. Variabel bebas dari penelitian ini adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan variabel terikat dari penelitian ini adalah kepuasan penumpang. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif responden, metode regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Koefisien regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 22, diperoleh persamaan regresi Y = 0,178 + 0,183 X1 + 0,145 X2 + 0,299 X3 + 0,211 X4 + 0,159 X5 + e, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri atas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan penumpang. Variabel responsiveness memberikan pengaruh paling dominan dalam meningkatkan kepuasan penumpang, dengan nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,299. Hasil uji t secara parsial variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel-variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya Adjusted R Square adalah 0,823. Hal tersebut artinya 82,3% kepuasan pelanggan dipengaruhi variabel independen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy, sedangkan 17,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


Ketersediaan

AB001.2021AB 001 SIL p 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
AB 001 SIL p 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvii, 107 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this