No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Banyumanik



Di era globalisasi saat ini, persaingan antar perushaaan dalam sektor jasa sangat ketat. Untuk menghadapi persaingan perusahaan harus memperhatikan kualitas pelayanan. Karena kualitas pelayanan merupakan faktor penting kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan muncul apabila kualitas pelayanan yang diberikan baik dan sesuai harapan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari lima indikator yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan pelanggan PT Pegadaian (Persero) Cabang Banyumanik. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling incidental dengan sampel nasabah PT Pegadaian (Persero) Cabang Banyumanik tahun 2020-2021 berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis karakteristik responden, analisis regresi linear sederhana, uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 25. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang tercermin dari nilai t hitung 19.270 > t tabel 1.984. Diperoleh hasil persamaan regresi Y = 0,784 + 0,911X. Diperoleh hasil koefisien determinasi adjusted R Square sebesar 0,789 yang menunjukkan bahwa variabel independen kualitas pelayanan mempengaruhi variabel dependen kepuasan pelanggan sebesar 78,9% dan sisanya sebesar 21,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Ketersediaan

AB011.2021AB 011 CIN p 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
AB 011 CIN p 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 135 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this