Image of Ekonomi Mikro Syariah

Text

Ekonomi Mikro Syariah



Ekonomi adalah perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus didapat dan apabila tidak terpenuhi, manusia akan terganggu fisik dan psikisnya. Adapun keinginan adalah sesuatu yang ingin diperoleh dan apabila tidak terpenuhi, hanya menyebabkan gangguan psikis.

Dalam ekonomi kapitalis (konvensional), kebutuhan dan keinginan tidak dipisahkan. Kebutuhan adalah keinginan, sedangkan keinginan adalah kebutuhan. Berbeda dengan ekonomi Islam, kebutuhan dan keinginan berbeda. Islam membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tujuannya adalah manusia tidak terjebak dalam upaya mengumpulkan dan bergelimpangan harta secara berlebihan. Kebutuhan harus dipenuhi agar manusia dapat beribadah kepada Allah SWT, apabila tidak dipenuhi proses ibadah akan terganggu.

Dalam ekonomi mikro Islam, dasar ekonomi hanya memenuhi segi necessary condition, sedangkan moral dan tatanan syariah memenuhi unsur sufficient condition. Salah satu tujuan ekonomi mikro Islam adalah menerapkan prinsip ekonomi mikro Islam dalam pengambilan keputusan untuk mendapatkan keuntungan tanpa mengabaikan kemaslahatan umum.


Ketersediaan

B00144981RB 297.633 VIN e C.1PERPUS POLINES (9)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.633 VIN e
Penerbit Pustaka Setia : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xii, 290 hlm.:., 23.5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-075-612-9
Klasifikasi
297.633
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this