No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Sistem Pengelolaan Arsip pada Koperasi Karyawan Muria Gemilang Kabupaten Kudus



Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui sistem pengelolaan arsip yang dilaksanakan pada Koperasi Karyawan Muria Gemilang, (2) Mengetahui prosedur pengelolaan arsip yang dilaksanakan dalam pengelolaan arsip pada Koperasi Karyawan Muria Gemilang (3) Mengetahui hambatan yang terjadi dan solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pengelolaan arsip pada Kopkar Muria Gemilang.
          Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan jenis data menurut sumber di peroleh dari informan, lokasi atau tempat penelitian, serta dokumen dan arsip. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Sedangkan keabsahan temuan yang di gunakan adalah dengan trianggulasi data atau sumber dan metode.
          Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa: Asaz pengorganisasian arsip menggunakan asaz campuran yaitu pengelola arsip dinamis aktif diserahkan masing-masing bagian dan arsip inaktif disimpan secara terpusat. Sistem pengelolaan arsip yang dilaksanakan pada Koperasi Karyawan Muria Gemilang yaitu penciptaan arsip, penyimpanan arsip, peminjaman dan penemuan kembali arsip, perawatan dan pengamanan arsip, serta penyusutan dan pemusnahaan arsip. Prosedur yang terdapat pada penelitian ini yaitu prosedur penanganan surat masuk dan surat keluar pada bagian umum, prosedur penyimpanan arsip dan prosedur pemusnahan arsip secara terpusat. Hambatan yang terjadi yaitu (1) tidak adanya diklat/pelatihan tentang mengelola arsip, (2) Masih terdapat hewan perusak arsip yaitu tikus, (3) Ruangan dan tempat penyimpanan belum memadahi. Solusi yang dilakukan yaitu (1) belajar secara mandiri berdasarkan pengalaman, (2) lebih meningkatkan tentang perawatan arsip, (3) Melakukan penyusutan dan pemusnahan arsip secara berkala.


Ketersediaan

AB028.2022AB 028 IRF s 2022PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
AB 028IRF s 2022
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 94 hlm.: ill., 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this