No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Rancang Bangun Kendali dan Pemantauan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebagai Sistem Hybrid Pada Simulator Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro Berbasis PLC dan SCADA



Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit tenaga listrik yang bekerja dengan memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy) berupa tenaga matahari sebagai sumber energi. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah hasil dari perkembangan teknologi dalam dunia ketenaga listrikkan yang dapat mengkonversikan tenaga atau energi matahari menjadi tenaga listrik menggunakan sebuah media berupa sel surya atau panel surya.
Laporan tugas akhir ini akan membahas tentang “Rancang Bangun Kendali dan Pemantauan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebagai Sistem Hybrid Pada Simulator Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro Berbasis PLC Dan SCADA”. Adapun tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui cara merancang PLC agar dapat mengendalikan sistem PLTS dan cara merancang kendali serta pemantauan SCADA pada sistem PLTS sehingga dapat ditinjau terkait seberapa besar output tegangan dan daya yang dapat dihasilkan oleh PLTS. Tegangan, arus, dan daya yang dihasilkan oleh panel surya yang berkapasitas 100 WP ini sangatlah baik terutama ketika cuaca cerah. Tegangan yang dihasilkan pada cuaca cerah mampu mengeluarkan tegangan hingga 17,8 Volt dan arus mencapai 5,62 A dan daya yang dihasilkan juga bisa mencapai 100Watt. Sedangkan pada baterai arus, tegangan dan baterai yang dihasil tergantung dari pengecasan yang dilakukan oleh Panel surya.

 

 

 


Ketersediaan

LT032.2022LT 032 RAN - 2022PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
LT 032 RAN - 2022
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xx, 140 hlm. : illus. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this