No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Analisis Financial Distress Menggunakan Altman Z-Score untuk Memprediksi Kebangkrutan pada Bank Umum Persero Periode 2017-2020



Lembaga keuangan perbankan merupakan salah satu sektor yang mempunyai peran yang sangat penting dan sering dianggap sebagai roda penggerak dalam perekonomian suatu negara. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan kinerja perbankan mengalami penurunan. Oleh karena itu penting untuk dilakukan analisis financial distress guna memprediksi kebangkrutan dan kinerja bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja keuangan serta potensi kebangkrutan pada Bank Umum Persero periode 2017-2020. Model pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah Altman Z-Score modifikasi dengan formula Z = 6,56 (X1) + 3,26 (X2) + 6,72 (X3) + 1,05 (X4).
Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa selama periode penelitian 2017-2020 seluruh sampel penelitian yang meliputi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengalami kondisi yang rawan akan kebangkrutan atau berada pada gray area. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai Z-Score yang berada di antara titik cut off yaitu antara 1,1 dan 2,6 ( 1,1 < Z < 2,6). Selain itu kinerja keuangan pada 4 (empat) sampel bank dikatakan tidak stabil karena mengalami kenaikan serta penurunan pada rasio Altman Z-Score dari tahun ke tahun.

 


Ketersediaan

KP050.2022KP 050 FAR a 2022PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP 050 FAR a 2022
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xv, 89 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this