Detail Cantuman
Pencarian SpesifikTugas Akhir Mahasiswa
Game edukasi 2 dimensi dengan animasi interaktif sejarah kerajaan Hindu Budha di Indonesia dan peninggalannya berbasis android
Proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 mengharuskan para siswa sering melakukan belajar secara daring di rumah. Materi pembelajaran yang disajikan dengan gambar hitam-putih dan didominasi oleh teks seperti mata pelajaran Sejarah membuat siswa kelas 7 cepat merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajarinya. Selain itu, adanya keterbatasan dari para guru ketika menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa secara daring yang biasanya hanya menggunakan powerpoint atau buku pelajaran yang masih menyajikan gambar hitam putih. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi game edukasi sejarah dengan topik Kerajaan Hindu-Budha dan peninggalannya di Indonesia dengan animasi interaktif dan permainan sehingga siswa tertarik mempelajari sejarah dan memahami materi pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan yaitu metode Waterfall dari proses analisis, perancangan sistem, pemrograman, pengujian dan pemeliharaan sistem. Aplikasi game ini diuji dengan metode black box yang menguji fungsionalitas sistem dan survei kepuasan pengguna melalui kuesioner. Hasil pengujian fungsionalitas yang meliputi tampilan antarmuka serta kegunaan fitur-fitur yang dibuat pada aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tampilan antarmuka dapat fleksibel menyesuaikan layar mobile phone Android. Sedangkan hasil pengujian kepuasan pengguna terhadap 21 responden didapatkan hasil presentase tingkat kepuasan pengguna sebesar 93% yang berarti pengguna merasa sangat puas dengan aplikasi game yang dibuat. Pengujian pemahaman materi terhadap 10 siswa didapatkan hasil presentase tingkat pemahaman materi sebesar 84% yang berarti pengguna sangat paham terhadap materi pembelajaran di aplikasi game ini. Penerapan aplikasi game ini dapat membuat para siswa kelas 7 tertarik mempelajari sejarah dan dapat lebih memahami mata pelajaran sejarah.
Ketersediaan
IK032.2021 | IK 032 ALF g 2021 | PERPUS POLINES (TA) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
IK 032 ALF g 2021
|
Penerbit | Politeknik Negeri Semarang : Semarang., 2021 |
Deskripsi Fisik |
xvi, 179 hlm. : illus. ; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
ALFIAN Karim Fathur Rahman; MUYASARAH Putri Kornela; SLAMET Handoko; WAHYU Sulistiyo
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain