No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Sistem presensi doorlock fingerprint dan web



Muhammad Chilmi Irfanuddin, Muhammad Iqbal Ammarullah, “Sistem Presensi Doorlock Fingerprint dan Web”, Tugas Akhir DIII Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, Di bawah Bimbingan Ibu Dr. Eni Dwi Wardihani, S.T., M.T., dan Bapak Ari Sriyanto Nugroho, S.T, M.T., M.Sc., September 2021, 78 halaman.
Presensi mahasiswa Teknik Telekominukasi Politeknik Negeri Semarang saat ini masih menggunakan presensi secara manual. Hal ini tidak menutup kemungkinan kesalahan dalam mengelola data presensi dan kecurangan mahasiswa dalam memalsukan kehadirannya. Dari latar belakang tersebut, maka dibuat system presensi sidik jari di mana pihak secretariat/admin mendata semua data kehadiran mahasiswa di dalam system. Pendataan presensi mahasiswa dilakukan dengan merekam sidik jari menggunakan mesin finger scanner.
Data presensi dari mesin kemudian diolah di dalam system. Selain itu ada beberapa user yang dapat mengakses web tersebut antara lain mahasiswa, dosen, wali kelas, kaprodi, dan staff PBM (Proses Belajar Mengajar). Sistem yang dibangun menggunakan perangkat lunak PHP dan MySQL untuk membuat website. Untuk perangkat kerasnya menggunakan NodeMCU ESP32 sebagai mikrokontroler, Fingerprint R307 sebagai sensor sidik jari untuk merekam sidik jari yang telah terdaftar, Buzzer sebagai tanda sukses melakukan sidik jari dan gagal saat sidik jari.
Hal akhir yang diperoleh adalah sebuah system presensi doorlock fingerprint dan web yang memiliki kemampuan untuk melihat status dan persentase kehadiran, pendataan data mahasiswa, dosen, mata kuliah, jadwal mata kuliah, waktu mulai pembelajaran, waktu akhir pembelajaran dan merekap data mahasiswa dan dosen. Untuk uji coba bisa dilakukan oleh mahasiswa dan dosen untuk melihat persentase kehadiran. (Lamatokan, 2016)


Ketersediaan

TK021.2021TK 021 MUH s 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TK 021 MUH s 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvii, 124 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this