No image available for this title

SKRIPSI

Pengaruh likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas dan asimetri informasi terhadap manajemen laba : studi pada perusahaan badan milik usaha negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan asimetri informasi terhadap manajemen laba baik secara parsial maupun simultan. Profitabilitas diproksikan dengan return on equity, likuiditas diproksikan dengan current asset, leverage diproksikan dengan debt to equity ratio, ukuran perusahaan diproksikan dengan logaritma dan asimetri informasi diproksikan dengan spread it, untuk manajemen laba diproksikan dengan total akrual. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel 11 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas, ukuran perusahaan dan asimetri informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap manajemen laba, sementara variabel likuiditas secara parsial berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Berbeda dengan leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, serta profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan asimetri informasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.


Ketersediaan

AM006.2021AM 006 IRW p 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
AM 006 IRW p 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xv, 96 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this