No image available for this title

SKRIPSI

Integrasi sistem pemantauan dan pengendalian hidroponik dan akuaponik dengan protokol massage queuing telemetry transport (MQTT)



Novita Kurniawati. “Integrasi Sistem Pemantauan Dan Pengendalian Hidroponik Dan Akuaponik Dengan Protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT)”, Tugas Akhir Sarjana Terapan Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Drs. Arif Nursyahid, M.T. dan. Ir. Endro Wasito, M.Kom., September 2021, 146 Halaman.
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang telah membuka sebuah era baru, yakni era revolusi industri 4.0. Kemajuan teknologi tersebut banyak berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pertanian. Oleh karena itu, hidroponik dan akuaponik merupakan metode yang tepat untuk lahan yang terbatas. Dalam keberhasilan proses pertumbuhan tanaman sehingga perlunya nutrisi yang memenuhi kebutuhan tanaman. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pengendalian otomatis yang dapat mempermudah petani dalam menjadi kebutuhan nutrisi tersebut. Namun perkembangan jaman membuat setiap sistem membutuhkan jaringan internet sehingga menyebabkan proses akan terhenti jika tidak terkoneksi dengan internet, edge computing merupakan solusi untuk mengatasinya karena akan berjalan meskipun tidak terkoneksi dengan internet. Pengendalian dilakukan dalam beberapa kondisi threshold untuk hidroponik dan akuaponik serta perlunya sinkronisasi database lokal dengan sinkronisasi server agar data tetap dapat dipantau meskipun data sebelumnya tidak terkirim. Hasil dari pengujian sistem ini adalah sistem dapat mengirim data pada sisi edge dan sisi cloud, pengujian kualitas layanan meliputi data loss, delay, jitter pada sisi edge maupun cloud kategori buruk karena waktu pada RTC tidak waktu sebenarnya dengan selisih 15 detik, sinkronisasi database lokal dengan database server berjalan selama 1 menit setiap pengiriman data serta apabila semakin banyak yang dikirim maka akan dibutuhkan waktu yang semakin lama.


Ketersediaan

TE005.2021TE 005 NOV i 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TE 005 NOV i 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvii, 128 hlm. : illus. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this