No image available for this title

SKRIPSI

Analisis qos sistem pengendalian dan pemantauan drip irrigation pada tanaman cabai menggunakan nodemcu esp8266 berbasis web



Muhammad Arif Ferdianto, “Analisis QoS Sistem Pengendalian dan Pemantauan Drip Irrigation pada Tanaman Cabai Menggunakan NodeMCU ESP8266 Berbasis Web”, Tugas Akhir Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Sindung H.W.S., BSEE., M.Eng.Sc. dan Arif Nursyahid, Drs., M.T., September 2021, 61 halaman.
Tanaman memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik salah satunya yaitu air. Untuk pemenuhan kebutuhan air tersebut perlu dilakukan irigasi. Metode dalam pemberian irigasi sangatlah beragam, namun pada penelitian tugas akhir ini digunakan metode drip irrigation.
Dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things, pemberian irigasi dapat dilakukan secara jarak jauh melalui website dan dapat menghemat penggunaan air. Tidak hanya pengendalian irigasi saja, pengendalian kadar pH air dan juga pemantauan kelembaban tanah pada tanaman cabai, ketersediaan air serta pemantauan kadar pH air pada bak penampung juga dapat dilakukan melalui website. Sensor yang digunakan pada tugas akhir ini yaitu sensor HC-SR04, YL-69 dan pH-4502C. Sedangkan untuk pengendalian digunakan mini waterpump 12V DC. NodeMCU ESP8266 digunakan sebagai mikrokontroller untuk mengolah data yang didapat dan dikirimkan ke database melalui jaringan internet. Pengujian akurasi pembacaan nilai sensor HC-SR04 dibandingkan dengan pengukuran penggaris memiliki nilai rata-rata 99,31%. Untuk pembacaan nilai sensor YL-69 dibandingkan dengan pengukuran soil tester memiliki nilai rata-rata akurasi 97,24%. Sedangkan untuk pembacaan nilai sensor pH-4502C dibandingkan dengan pengukuran pH meter memiliki nilai rata-rata akurasi 97,76%. Pengujian QoS yang dilakukan pada penelitian tugas akhir ini meliputi delay, packet loss, dan jitter. Nilai rata-rata delay yaitu 530 ms dan termasuk dalam kategori buruk. Sedangkan untuk nilai rata-rata packet loss yaitu 6,11% ternasuk dalam kategori baik. Untuk nilai rata-rata jitter yaitu 125 ms yang termasuk dalam kategori sedang. Setiap pengairan dibutuhkan waktu 60 detik untuk mencapai kelembaban tanah 60-80%. Volume air yang digunakan untuk 4 tanaman dalam sehari 225 ml. Sehingga kebutuhan tiap tanaman setiap harinya yaitu 112,5 ml/hari.


Ketersediaan

TE021.2021TE 021 MUH a 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TE 021 MUH a 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 102 hlm.: ill., 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this