No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Rancang bangun sistem monitoring suhu non kontak pada hewan percobaan berbasis IOT



Ali Syifa, Ghany Akbar Mahendra, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu Non Kontak Pada Tikus Putih Berbasis IoT”, Tugas Akhir Program Studi DIII Teknik Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang di bawah bimbingan Bapak Ir. Slamet Widodo, M. Eng.dan Bapak Drs. Bambang Eko Sumarsono, M. MT. Mei 2021, 71 halaman.
Beberapa jenis obat dan kosmetik terlebih dahulu diuji cobakan pada hewan sebelum diproduksi secara massal ataupun diuji cobakan pada manusia. Hewan yang biasa menjadi objek percobaan antara lain adalah hewan pengerat seperti tikus. Suhu tubuh tikus adalah salah satu parameter fundamental yang dievaluasi ketika menentukan status kesehatan hewan dalam suatu penelitian. Meskipun data suhu tubuh adalah pembacaan yang berguna dalam studi penelitian, data tersebut seringkali tidak dievaluasi karena tantangan pengukuran. Pengukuran dengan termometer digital adalah metode yang paling umum digunakan untuk pengukuran suhu tubuh tikus, tetapi teknik ini tidak hanya memakan waktu dan tenaga, tetapi juga dapat menyebabkan stres hewan yang signifikan karena pengekangan manual yang diperlukan untuk memasukkan perangkat.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun sebuah sistem monitoring berbasis IoT (Internet of Things). Sistem tersebut dapat mendeteksi suhu tubuh hewan yang sedang diuji coba menggunakan sensor MLX GY-90614 ESF, dimana data yang diterima dari sensor dikirim melalui beberapa node yang terhubung dengan internet. Kondisi suhu hewan percobaan tersebut ditampilkan pada OLED. Dan petugas laboratorium dapat dengan mudah memantau suhu secara online dan real time pada aplikasi Blynk yang terdapat di android. Data dari alat tersebut disimpan di website Ubidots sehingga data tersebut dapat diteliti lebih lanjut oleh penelit


Ketersediaan

TK015.2021TK 015 ALI r 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TK 015 ALI r 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvii, 72 hlm. : illus. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this