No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Rancang bangun mesin cutting sticker berbasis cnc



Dalam dunia industri mesin CNC saat ini semakin luas penggunaanya tidak hanya di industri besar namun juga merambah ke industri kecil dan UMKM, dimana dengan adanya Mesin CNC ini dapat membuat produksi lebih cepat dan efisien sehingga para industri kecil dan UMKM tersebut tidak tertinggal jauh kuantitas dan kualitasnya dengan industri-industri besar. Pada pembahasan kali ini terkhusus pada industri Cutting Sticker dimana perlu adanya inovasi terhadap metode Cutting Sticker menggunakan basis Mesin CNC. Tujuan tugas akhir ini adalah merancang dan membuat Mesin Cutting Sticker CNC yang berguna bagi UMKM serta menguji kesesuaian hasil pemotongan sticker menggunakan Mesin Cutting Sticker CNC.

Metode yang digunakan yaitu observasi dan studi dengan melakukan perancangan, pembuatan, pengujian serta melakukan perbaikan sesuai hasil terbaik dari setiap perlakuan. Mesin Cutting Sticker CNC yang dirancang memiliki kelebihan pada pemotongan yang lebih kompleks daripada mesin cutting sticker biasa. Contohnya mesin Cutting Sticker CNC dapat menggabungkan berbagai macam desain sesuai warna sedangkan mesin cutting sticker biasa hanya bisa memotong melintang sesuai sumbu.

Hasil tugas akhir ini yaitu satu unit mesin CNC Cutting Sticker menggunakan sumber input daya adaptor 12 volt, motor stepper nema 17, Artsoft Mach3 sebagai microcontroller, sistem pergerak sumbu X dan Y menggunakan belt – pulley sedangkan sumbu Z menggunakan leadscrew. Dimensi mesin 900 x 640 x 320 (mm), work area 600 x 450 x 30 (mm). Dapat dijalankan dengan PC/laptop melalui software Mach3 dan Vetric Aspire sebagai CAD/ CAM.


Ketersediaan

ME023.2021ME 023 RAN - 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
ME 023 RAN - 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xix, 106 hlm.; ill.: 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this