No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Modifikasi rancang bangun mesin pembuat pagar kawat harmonika menggunakan motor listrik 0,5 hp



Latar belakang pengambilan topik ini dikarenakan mesin ini sebelumnya sudah pernah dibuat oleh kelompok yang terdahulu namun menggunakan jenis kawat yang berbeda dan proses mesin yang manual serta hasil output produk yang kurang baik dan konsisten sehingga kurang efisien dalam segi waktu, tenaga dan bahan baku produk. Pembuatan Mesin pembuat pagar kawat harmonika menggunakan plat pembentuk dan pipa alur dengan penggerak motor listrik dengan daya 0.5 HP ini didahului dengan proses perencanaan terlebih dahulu. Modifikasi rancang bangun mesin pembuat pagar kawat harmonika mengalami tahap analisa sebelum menjadi rancangan yang pasti untuk dibuat menjadi sebuah mesin, pada waktu proses pemecahan masalah terdapat bebrapa pemilihan alternatif desain, proses perancangan secara menyeluruh. Kawat galvanis merupakan material baja dan besi yang diberi pelapis seng untuk mencegah korosi. Seng merupakan logam yang relatif tahan karat, seng bekerja sebagai proteksi katodik yang melindungi baja.

Kawat galvanis, atau yang lebih dikenal sebagai Kawat seng atau Kawat licin, terbuat dari baja karbon rendah dengan proses drawing, pickling, penghapusan karat, penguatan dan pendinginan, dan ditutup dengan proses galvanis.

Tujuan rancang bangun ini adalah memodifikasi rancang bangun mesin pembuat pagar kawat harmonika menggunakan motor listrik bertenaga 0,5 HP. Selain itu bertujuan menguji perbandingan panjang dari kawat sebelum diproduksi dengan sesudah diproduksi. Terdapat permasalahan pada kawat hasil produksi yang tidak beraturan yang mengakibatkan ketidaksesuaian bentuk dan ukuran anyaman. Metodologi penulisan dalam perancangan mesin ini adalah dengan melakukan studi literatur, perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, dan analisa biaya. Dari hasil pengujian didapatkan perbandingan panjang kawat yang digunakan sebesar 1 : 0,69 dan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi pagar kawat harmonika dengan ukuran 1 [m2] adalah 7,35 [menit].


Ketersediaan

ME026.2020ME 026 MOD - 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
ME 026 MOD - 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 107 hlm.: ill., 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this