No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Rancang bangun model mesin pembangkit listrik tenaga gelombang air laut untuk alat peraga pendidikan



Sumber energi terbarukan sudah banyak dikembangkan untuk mengurangi konsumsi energi yang tidak dapat diperbarui. Namun, ada sumber energi yang belum termanfaatkan secara maksimal dan memiliki potensi yang besar, yaitu energi gelombang laut yang dimanfaatkan energi angkatnya untuk menggerakkan generator yang menghasilkan listrik. Pembuatan mesin ini bertujuan untuk membuat model mesin yang dapat mengkonversi energi gelombang air menjadi energi listrik dalam skala laboratorium dan menganalisis tentang hubungan antara energi gelombang air terhadap energi listrik yang dihasilkan dengan memvariasi panjang lengan pelampung.

Metode yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah studi literatur untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan gelombang air dan mesin pembangkit listrik. Perancangan mesin dan pembuatan komponen meliputi pembuatan alternatif desain, pemilihan desain kemudian mesin dilakukan pengujian apakah terdapat output listik dan dilakukan analisis hubungan antara gelombang air dengan output listrik yang dihasilkan.

Hasil eksperimen menunjukkan output listrik terbesar diperoleh pada panjang lengan 50 cm dengan energi listrik yang dihasilkan sebesar 6,34 V 0,21 A. Pengujian pada komponen PLTGL dilakukan dengan variasi panjang lengan pelampung 40 cm, 45 cm, dan 50 cm.


Ketersediaan

ME021.2020ME 021 RAN - 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
ME 021 RAN - 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xxv, 166 hlm.: illus. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this