No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Sistem Informasi Penggunaan Air Pada Rancang Bangun Sistem Pemantau Water Meter Menggunakan Telegram Berbasis Mikrokontroller ESP32-Cam



Rudy Hendriyanto, Seviani Desta Azzahra, “SISTEM INFORMASI PENGGUNAAN AIR PADA RANCANG BANGUN SISTEM PEMANTAU WATER METER MENGGUNAKAN TELEGRAM BERBASIS MIKROKONTROLER ESP32-CAM”, Tugas Akhir Program Studi DIII Teknik Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang di bawah bimbingan Bapak Eko Supriyanto, S.T., M.T., M.E. dan Bapak Ir. Slamet Widodo, M. Eng.Agustus 2020, 75 halaman.
Air merupakan kebutuhan pokok manusia dan mempunyai banyak keggunaan antara lain untuk minum, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Air di salurkan dari pipa ke rumah-rumah penduduk itu biasanya berasal dari air sungai yang di tampung terlebih dahulu. mempunyai cara untuk mengetahui jumlah air bersih yang digunakan warga atau penduduk dengan memasang meteran pada pipa air yang masuk ke rumah-rumah. Kemudian, setiap bulan akan ada petugas yang mendatangi rumah penduduk dan mencatat penggunaan air yang digunakan di masing-masing rumah pelanggan. Setelah itu, petugas akan melakukan penghitungan terhadap penggunaan air selama sebulan tersebut dengan mengalikan harga setiap meter kubiknya menurut ketentuan yang telah ditetapkan berdasarkan tipe pengguna jasa air menurut ketentuan rumah tangga. Oleh karna itu diperlukan sistem informasi penggunaan air untuk mengecek tagihan pelanggan setiap bulan nya tanpa harus mendatangi rumah warga langsung. Berdasarkan hasil perancangan dan pengujian yang telah dilakukan, bahwa Sistem telegram dapat memberikan informasi pengunaan air kepada pelanggan melalui telegram. Sesuai dengan yang diharapkan bahwa ESP32-Cam ini dapat mengambil gambar dari meteran selama 30 menit yang selanjutnya akan di teruskan ke database lalu gambar tersebut masuk ke webbase setelah itu admin melihat angka di meteran airnya dan mengdi nilai yang nanti nya nilai tagihan tersebut akan masuk ke telegram dan dapat di akses oleh pelanggan. Metode yang digunakan dalam pembuataan sistem ini adalah metode waterfall yang meliputi komunikasi, perencanaan, pemodelan, konstruksi dan pengujian. Hasil dari tugas akhir ini menunjukan bahwa data sesuai dengan data berdasarkan masing masing pelanggan serta balasan bot telegram sesuai dengan request pengguna.


Ketersediaan

TK020.2020TK 020 RUD s 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TK 020 RUD s 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 74 halm: illus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
ad CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this