No image available for this title

SKRIPSI

Analisis pengaruh pembiayaan dan capital adequacy ratio (CAR) terhadap profitabilitas dengan non performing financing (NPF) sebagai variabel moderating pada bank umum syariah di Indonesia periode 2015-2019



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Musyarakah, dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2019 baik secara simultan maupun parsial, serta untuk menganalisis pengaruh moderasi dari Non Performing Financing (NPF) pada masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 5 (lima) Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2019 yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda, sedangkan teknik analisisnya menggunakan uji signifikansi simultan (uji F), koefisien determinasi (R2), dan uji parsial (uji t). Kemudian untuk mengetahui efek variabel moderating digunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA) atau metode interaksi yang diolah dengan program SPSS 25.00.
Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan menunjukkan bahwa Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Musyarakah, dan CAR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA. Selanjutnya Pembiayaan Murabahah dan CAR secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Adapun Pembiayaan Musyarakah secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, sementara itu NPF memoderasi negatif dan signifikan Pembiayaan Murabahah dan CAR terhadap ROA, namun tidak memoderasi pengaruh Pembiayaan Musyarakah terhadap ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2019.


Ketersediaan

PS021.2020PS 021 DIO a 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PS 021 DIO a 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 111 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this