No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Rancang bangun sistem kendali panel ATS AMF berbasis PLC dan SCADA



Kebutuhan daya listrik pada beberapa tempat harus terus berkesinambungan, dimana back - up daya diharuskan tersedia secepatnya ketika suplai dari PLN tidak tersedia / mengalami gangguan. Tujuan dari perancangan ini adalah dapat merancang sistem kendali panel ATS AMF berbasis PLC dan SCADA, dapat memprogram PLC untuk sistem kendali panel ATS AMF, dan menentukan komponen – komponen yang tepat dalam perakitan sistem kendali panel ATS AMF berbasis PLC dan SCADA.

Alat ini menggunakan PLC Omron CP1E NA20 DRA yang berfungsi untuk mengontrol sistem ATS AMF yang dilengkapi dengan Omron CP1W-CIF41 Ethernet Option Board yang berfungsi untuk mengirimkan atau menerima data dari master room sesuai dengan perintah yang diberikan. Perancangan ini melalui metode observasi dimana melakukan pengamatan langsung menggunakan alat indera atau alat bantu untuk penginderaan suatu objek atau subjek.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa panel ATS AMF dapat berfungsi dengan baik dimana ATS mampu memindahkan sumber listrik dari PLN ketika padam ke genset, sedangkan AMF mampu berjalan dengan baik dimana mampu mendeteksi kesalahan seperti oli habis, dan tegangan yang berada diluar batas toleransi. Kehandalan sistem ini berada pada level yang baik dengan waktu starting genset pada 0.8 detik dan waktu transfer beban pada waktu 0.5 detik.


Ketersediaan

LT058.2020LT 058 RAN - 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
LT 058 RAN - 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 138 hlm. : illus. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this