Detail Cantuman
Pencarian SpesifikSKRIPSI
Analisis aplikasi balanced scorecard sebagai pengukuran kinerja pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Penilaian kinerja dapat dikatakan sebagai faktor utama dalam pengembangan perusahaan, karena hal ini merupakan sebuah sarana bagi manajemen untuk menelaah sejauh mana visi, misi dan tujuan perusahaan telah tercapai, menilai prestasi bisnis, manajer, divisi dan setiap individu dalam perusahaan serta untuk memprediksi harapan-harapan perusahaan kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan kontribusi dan menganalisa penilaian kinerja pada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dengan menggunakan aplikasi balanced scorecard sebagai pengukuran kinerja tahun 2015-2019. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari situs resmi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Tolok ukur yang digunakan dalam penelitian ini dengan empat perspektif balanced scorecard yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Tolok ukur perspektif keuangan menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Tolok ukur perspektif pelanggan menggunakan penerimaan kas dari pelanggan, customer retention dan penerimaan penghargaan. Tolok ukur perspektif proses bisnis internal menggunakan operating profit dan proses inovasi. Tolok ukur perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menggunakan tingkat produktivitas karyawan dan prosentase pelatihan karyawan. penilaian terhadap kinerja keuangan tahun 2016-2015 mendapatkan score 12, tahun 2017-2016 mendapatkan score 15, tahun 2018-2017 mendapatkan score 9, tahun 2019-2018 mendapatkan score 11. Penilaian perspektif pelanggan menunjukkan hasil score yang sama 8 dari penerimaan kas dari pelanggan, customer retention dan penerimaan penghargaan mendapatkan score 7. penilaian terhadap kinerja Proses Bisnis Internal dengan menggunakan tolok ukur Operating Profit atau laba usaha mendapatkan score total keseluruhan sebesar 7 dan score Proses Inovasi mendapatkan score total keseluruhan sebesar 10. penilaian terhadap kinerja Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran tahun 2015- 2019 dengan menggunakan tolok ukur Produktivitas Karyawan mendapatkan score total keseluruhan sebesar 7 dan score Presentase Karyawan Terampil mendapatkan score total keseluruhan sebesar 5.
Ketersediaan
AM031.2020 | AM 031 AJE a 2020 | PERPUS POLINES (TA) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
AM 031 AJE a 2020
|
Penerbit | Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Politeknik Negeri Bandung : Semarang., 2020 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 154 hlm. ; 30 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
Ada CD
|
Pernyataan Tanggungjawab |
AJENG Melita Putri; LARDIN Korawijayanti; M. Th. HENI Widyarti
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain