No image available for this title

SKRIPSI

Implementasi Representational State Transfer Application Programming Interface (Rest API) Untuk Pemantauan Amonia Portabel Pada Kandang Ayam Tipe Closed House PT Mustika Jaya Lestari Semarang



Muhammad Dafiq Arba, “Implementasi Representational State Transfer Application Programming Interface (REST API) untuk Pemantauan Amonia Portabel pada Kandang Ayam Tipe Closed House PT. Mustika Jaya Lestari Semarang”, Tugas Akhir Sarjana Terapan Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Helmy, S.T., M.Eng. dan Ari Sriyanto Nugroho, S.T., M.T., M.Sc., September 2020, 40 halaman.
Permasalahan utama pada kandang ayam tipe closed house dengan kapasitas besar adalah meningkatnya produksi gas amonia yang dihasilkan oleh fermentasi antara ekskreta dan sekam yang berdekomposisi menjadi urea. Produksi gas amonia yang berlebih ini dapat mempengaruhi kesehatan ayam dan manusia apabila terpapar dalam kurun waktu tertentu. Selama ini, pemantauan kadar amonia dilakukan secara manual yang tentu saja akurasinya tidak valid. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dibuat perangkat pemantauan amonia portabel dan data pemantauannya dapat dikirim ke database server dengan mengimplementasikan Representational State Transfer Application Programming Interface (REST API). Maka, pemantauan dapat dilakukan melalui alat dan melalui aplikasi android ataupun web. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode prototype. Sistem menggunakan ESP32 yang dapat berjalan sebagai Access Point dan Stations, sehingga alat dapat terhubung dengan aplikasi dan dapat mengirim data pembacaan ke server database. Sensor yang digunakan untuk memantau amonia adalah sensor MQ-137. Berdasarkan pengujian dalam tugas akhir ini, pengukuran sampel 1,2,3, dan 4 selama masing-masing 30 menit, diperoleh rata-rata nilai pembacaan berturut-turut sebesar 4,02, 8,08, 14, dan 21,31 ppm dengan waktu untuk mencapai titik stabil selama 4 menit 35 detik, 6 menit 20 detik, 3 menit 50 detik, dan 4 menit 5 detik. Sistem pemantauan pada mode online memiliki rata-rata total delay dan data loss sebesar 184 ms dan 0,682%. Menurut kategori delay dan data loss oleh ETSI, nilai tersebut berada dalam kategori bagus dan sangat bagus karena berada dalam rentang 150-300 ms dan 0-2%.


Ketersediaan

TE011.2020TE 011 MUH i 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TE 011 MUH i 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xii, 39 halm: illus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
ad CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this