No image available for this title

SKRIPSI

Evaluasi tata kelola layanan teknologi informasi pada Perumda Air Minum Kota Surakarta menggunakan framework ITIL versi 3



Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat kematangan tata kelola layanan teknologi informasi dan tindak lanjut berdasarkan kerangka kerja IT Information Library V3 serta mengevaluasi implementasi ITSM (IT Service Management) dan membandingkan dengan kerangka kerja ITIL V3 pada Perumda Air Minum Kota Surakarta. Data diperoleh dengan cara studi literature, wawancara, angket dan oberservasi. Responden dalam penelitian ini merupakan pegawai Bidang Langganan dan Bidang IT Perumda Air Minum Kota Surakarta yang memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap pengelolaan layanan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perumda Air Minum Kota Surakarta telah menerapkan kebijakan dan Standard Operation Procedure (SOP) yang berkaitan tata kelola layanan TI dengan kerangka ITIL V3. Pengukuran tingkat kematangan domain Service Operation dalam pengelolaan layanan TI pada Perumda Air Minum Kota Surakarta dikategorikan dalam maturity level 4 atau managed, yaitu aktivitas atau proses bisnis yang terorganisasi dengan baik dan proses perbaikan pada manajemen telah dilaksanakan dengan tepat, sudah terdapat Standard Operation Procedure (SOP), namun dalam pelaksanaannya masih belum konsisten. Untuk memperbaiki masalah ini, perlu adanya tindak lanjut berdasarkan rekomendasi kerangka kerja ITIL V3 diberikan untuk mencapai tingkat kematangan level 5 yaitu Optimising.


Ketersediaan

KA007.2020KA 007 EDS e 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KA 007 EDS e 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 90 hlm. ; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this