No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pt pln (persero) unit layanan pelanggan Demak (studi kasus pelanggan rumah tangga)



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan.Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik Accidental sampling. Pengumpulan data primer menggunakan wawancara dan kuesioner, serta studi pustaka untuk data sekunder. Pengujian instrument dilakukan dengan menguji validitas dan realibilitas.Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah bahwa variabel kualitas layanan yang meliputi Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance, dan Empathymemiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan indikator yang paling berpengaruh dalam kepuasan pelanggan adalah indikatorTangible (bukti fisik),dan indikator Reliability (kehandalan). Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dari penentuan antara variabel kualitas layanan pada kepuasan pelanggan sebesar 0,699 itu berarti bahwa kualitas layanan memberikan pengaruh sebesar 69,9% terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya 30,1% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Rekomendasi dari hasil penelitian ini agar mempertahankan dan mempertahankan kualitas layanan pada indikator tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathydan pada khususnyadi indikator Empathy (empati), kemudahan pelanggan dalam menghubungi PT PLN, dan agar mengkaji pengaruh kepuasan pelanggan bersama dengan variabel lain seperti variabel kualitas produk, variabel harga, dan variabel emosional dengan harapan agar kepuasan pelanggan dapat tercapai secara optimal


Ketersediaan

MP001.2020MP 001 NAS p 2020PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MP 001 NAS p 2020
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xix, 119 hlm.: ill., 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this