No image available for this title

SKRIPSI

Analisis Pengendalian Proses Produksi dengan Metode Statistical Process Control (SPC) dalam Meminimalisasi Rework pada Bagian Finishing (Studi Kasus pada PT Pasifik Pertama Indonesia)



PT Pasifik Pertama Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian proses produksi, mengetahui jenis kecacatan dominan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecacatan pada divisi finishing PT Pasifik Pertama Indonesia.

Penelitian ini dilakukan selama bulan Februari s.d. April 2019 menggunakan metode Statistical Process Control (SPC) dengan alat bantu statistiknya berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto, dan diagram sebab akibat. Hasil analisis menggunakan peta kendali p menunjukkan data pada minggu ke-6 dan ke-7 berada pada titik terendah yang artinya cukup baik karena mendekati titik 0 (zero defect). Pada minggu ke-9 dan ke-11 tercatat berada di luar batas kendali. Berdasarkan pada diagram pareto, dapat dilihat bahwa jenis cacat paling besar disebabkan oleh Salah Pewarnaan yaitu sebesar 54,1% diikuti oleh jenis cacat akibat gloss level sebesar 24,6% lalu jenis cacat gelombang sebesar 11,5% dan yang terakhir jenis cacat touch up tidak rapi sebesar 9,8%. Dari diagram sebab akibat dapat dilihat bahwa beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kecacatan pada produk adalah karena faktor manusia (operator), mesin, lingkungan, metode, dan bahan baku


Ketersediaan

MB038.2019MB 038 DES a 2019 C.1PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
MB 038
Penerbit Polines : Semarang.,
Deskripsi Fisik
Xvi, 94 hal.; 2,95 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this