No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Rancang Bangun Sistem Komunikasi Multipoint to Point dengan Teknologi Narrow Band IoT (NB-IoT) pada Prototype Deteksi Tanah Longsor



Ervina Widhi Astuti, Ryan Adi Wardana, “Rancang Bangun Sistem Komunikasi Multipoint to Point Dengan Teknologi Narrow Band IoT (NB-IoT) Pada Prototype Deteksi Tanah Longsor”, Tugas Akhir DIII Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Dr. Amin Suharjono, ST., M.T. dan Ir. Slamet Widodo, M.Eng. Agustus 2019, 88 halaman.
Bencana tanah longsor merupakan salah satu fenomena alam yang menyebabkan kerusakan secara langsung ataupun tidak langsung seperti rusaknya area persawahan, fasilitas umum ataupun korban jiwa manusia. Peristiwa bencana alam tidak mungkin dihindari, tetapi dapat dilakukan pencegahan dengan melakukan deteksi dini yang memanfaatkan teknologi wireless sensor network yang terdiri dari empat tipe sensor yaitu sensor hall effect (tipping bucket), Sensor Hygrometer YL-69, dan Sensor Capassitive Soil Moisture yang merupakan sensor untuk mendeteksi curah hujan, aliran air tanah, dan kadar air tanah,. Sensor tersebut mengirim data ke node koordinator. Yang mana pada node koordinator dalam sistem kerjanya terdapat teknologi NB-IoT. Data yang diterima node koordinator dikirimkan menuju server. Pada prototipe sistem pendeteksi tanah longsor ini menggunakan dua parameter yaitu sensor kadar air tanah dan sensor curah hujan.


Ketersediaan

TK015.2019TK 015 ERV r 2019 C.1PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TK 015
Penerbit Polines : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xii, 44 hal.; 29,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this