No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Meja Belajar dilengkapi dengan Sistem Pengingat Jadwal dan Pemantau Aktivitas Berbasis Android



Meja belajar merupakan fasilitas untuk mendukung orang belajar. Meja belajar pada umumnya hanya terdapat laci untuk penyimpan buku dan lampu untuk belajar. Untuk menarik minat dan semangat anak–anak dalam belajar, perlu dikembangkan fitur–fitur baru yang menarik pada meja belajar mereka. Bagi pelajar seringkali terjadi kesalahan pada pembawaan buku yang tidak sesuai dengan jadwal pelajaran. Untuk itu diperlukan fitur tambahan yang dapat membantu dalam penataan buku sesuai jadwal dan sistem pengingat jadwal mata pelajaran esok hari. Selain itu bagi orangtua diperlukan juga fitur tambahan untuk memantau aktivitas belajar anaknya. Pemadaman listrik membuat seseorang tidak dapat belajar dengan penerangan. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah meja belajar pintar yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. Alat dirancang dengan menggunakan sensor warna TCS3200 sebagai deteksi kode warna laci yang akan dibuka. Sensor PIR untuk mendeteksi aktivitas pada meja belajar. Bluetooth sebagai perantara pengiriman jadwal ke pemroses Arduino Mega 2560 yang akan ditampilkan pada penampil 20x4. Solenoid doorlock untuk pengunci laci, dan Led RGB sebagai indikator warna laci dan alarm sebagai penanda ada laci yang dibuka. Aki digunakan sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik PLN padam. Dengan alat tersebut anak-anak dapat dengan mudah menata buku jadwal pelajaran dan orang tua dapat memantau kegiatan belajar anaknya.


Ketersediaan

EK026.2019EK 026 SHI m 2019 C.1PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
EK 026
Penerbit Polines : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvi, 61 hal.; 29,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this