No image available for this title

SKRIPSI

Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Insiden Berdasarkan Framework Itil V3 pada PDAM Tirta Moedal Kota Semarang



PDAM Tirta Moedal Kota Semarang merupakan perusahan yang bergerak pada bidang pelayanan yang menggunakan teknologi informasi yaitu Sistem Informasi Rekening Air Minum (SIRAM) untuk mendukung kegiatan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kematangan manajemen insiden pada layanan teknologi informasi PDAM Tirta Moedal Kota Semarang menggunakan kerangka kerja ITIL V3 area service operation serta merumuskan strategi perbaikan yang dapat diterapkan di masa yang akan datang. Data diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, dan penyebaran angket UCISA ITIL V3. Populasi dari penelitian ini adalah pegawai yang menggunakan SIRAM dan pihak yang memahami tentang layanan TI terhadap manajemen insiden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa PDAM Tirta Moedal Kota Semarang telah menerapkan 8 dari 9 aktivitas manajemen insiden berdasarkan framework ITIL V3. Tingkat kematangan manajemen insiden berada pada level 3 (terdefinisi) untuk setiap area service operation yaitu the incident management process (3,40), activities in place needed for the success of incident management (3,20), incident management metrics (2,48), dan incident management process interactions (3,52). Artinya proses manajemen insiden telah diakui, didokumentasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh unit satuan kerja, namun pelaksanaannya belum optimal sehingga perlu diterapkan strategi perbaikan untuk menjamin kondisi yang akan datang.


Ketersediaan

KA019.2018KA 019 RIZ a 2018 C.1PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KA 019 RIZ a 2018 C.1
Penerbit Polines : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 87 hal.; ilus.; 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this