No image available for this title

SKRIPSI

Analisa Prioritas pemeliharaan Gedung PT. Telkom Regional IV Jateng & DIY Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proses (AHP)



Fu’adi Ma’shum dan Harris Dharma wan,”Analisa Prioritas Pemeliharaan Gedung PT. Telkom Regional IV Jateng & DIY Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”, Skripsi Sarjana Terapan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Marsudi, S.T.,M.T. dan Suwarto, S.T.,M.T., Agustus 2018, 167.

Saat ini banyak bangunan yang telah didirikan hanya memiliki periode pemeliharaan jangka pendek yang dilaksanakan pada saat bangunan selesai, selain itu, kurangnya kesadaran manajemen pemeliharan bangunan mengenai program pemeliharaan yang harus tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan penghuni gedung menjadi salah satu masalah yang sering di jumpai pada sebuah gedung, hal ini akan mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas kerja dari penghuni gedung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi gedung dan menentukan prioritas program pemeliharaan yang ada di suatu gedung. Dalam penelitian ini komponen yang digunakan analisa prioritas program pemeliharaan gedung adalah komponen yang sesuai aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Dalam melakukan analisa prioritas program pemeliharaan gedung, kami menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Lokasi yang menjadi objek penelitian ini adalah gedung PT. Telkom Regional IV Jateng dan DIY. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Telkom Regional IV Jateng & DIY. Dari hasil pengolahan data didapat bahwa kondisi komponen-komponen yang di tinjau oleh penulis dalam keadaan baik dan dapat digunakan secara optimal oleh penghuni gedung, kemudian hasil pengolahan data kuisioner dari 37 responden menggunakan metode Analytical Hierarchy Process didapatkan hasil bahwa komponen yang memiliki nilai prioritas tertinggi adalah ketersediaan air bersih dengan poin 29,826, kemudian pencahayaan (lampu) dengan poin 27,414 dan komponen lift dengan poin 25,268. Sedangkan komponen dengan poin prioritas terendah adalah suara AC dengan poin 6,224.


Ketersediaan

PG003.2018PG 003 FUA a 2018 C.1PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
PG 003 FUA a 2018 C.1
Penerbit Polines : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xxvii,167 hal.; illus.;29 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this