No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Analisis konsumsi energi listrik pada sistem motor BLDC 2x1000 watt dengan transmisi langsung pada mobil listrik



Sejalan dengan menipisnya cadangan minyak dunia di bidang transportasi menimbulkan inovasi untuk mengembangkan motor BLDC sebagai penggerak mobil listrik. Kondisi demikian menuntut terciptanya kendaraan listrik dengan menggunakan energi seminimum mungkin namun tetap memiliki kehandalan tinggi dalam hal kekuatan baterai, efisiensi energi, kecepatan, daya dan torsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mobil listrik pada berbagai pengujian kecepatan dan beban agar diketahui tingkat konsumsi energi serta keunggulan dan kekurangannya apabila digunakan pada kondisi jalan raya yang sesungguhnya. Nilai parameter performa mobil listrik yang diwakili oleh tegangan, arus, daya, kecepatan dan energi setiap waktu didata dan ditampilkan dalam bentuk grafik untuk dilakukan analisa terhadap konsumsi energi yang digunakan dan dianalisa juga perilaku mengemudi dari pengendara. Rata-rata konsumsi energi mobil listrik pada pengujian sebesar 1 Wh dapat menempuh jarak 62,5 m dengan kecepatan 40 km/jam. Dapat disimpulkan bahwa mobil listrik dengan berat total 177 kg dan berdaya 2000 Watt ini bila dikalkulasi pada jarak 100 km dengan kecepatan yang stabil, memerlukan energi sebesar 3,2 kWh pada setting kontroller mode speed. Adapun kecepatan maksimal mobil listrik ini adalah 63 km/ jam dengan setting kontroller mode balance.


Ketersediaan

KE014.16KE 014 TRI a 2016 C.1PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KE 014 TRI a 2016 C.1
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xvii, 89 hlm. : illus. ; 29,5 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this