No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Analisis pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah (studi pada nasabah tabungan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) tbk. unit Bandarjo)



Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena persaingan di industri perbankan guna memperoleh loyalitas nasabah. Cukup banyaknya bank khususnya di daerah Semarang ini, membuat Bank Rakyat Indonesia Unit Bandarjo perlu meningkatkan strategi baru guna menjaga nasabahnya untuk tetap loyal. Untuk itu diperlukan adanya upaya mempertahankan dan juga terus meningkatkan pengembangan strategi dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Rakyat Indonesia Unit Bandarjo. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Bandarjo yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling . Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dari hasil hipotesis menunjukkan bahwa kepercayaan, komitmen, dan penanganan keluhan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas nasabah, sebaliknya komunikasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini juga menemukan bahwa dari keempat variabel independen tersebut, penanganan keluhan memiliki pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas nasabah.


Ketersediaan

KP006.16KP 006 AUL a 2016 C.16PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP 006 AUL a 2016 C.16
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xviii, 102 hal.; 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this