No image available for this title

Tugas Akhir Mahasiswa

Studi tentang pelimpahan beban (load shedding) untuk menentukan alternatif manuver jaringan transmisi 150 kv bay Klaten 1 gardu induk pedan



Pelimpahan beban bay Klaten 1 GI Pedan memiliki 2 alternatif yang mungkin dilakukan, alternatif manuver 1 dengan melimpahkan beban bay Klaten 1 ke bay Klaten 2, sedangkan alternatif manuver 2 dengan membagi beban di GI Klaten dengan bay Klaten 2 GI Pedan memikul beban Bantul 1 dan Bantul 2, sedangkan beban trafo 1, trafo 2, dan trafo 3 pada GI Klaten dipikul oleh bay Klaten 1 dan bay Klaten 2 GI Bawen. Terdapat pertimbangan untuk menentukan alternatif manuver jaringan yang mungkin dilakukan yaitu dari besar arus yang mengalir ke beban dan jatuh tegangan yang terjadi saat dilakukan operasi manuver. Nilai arus yang mengalir ke beban pada penghantar Pedan-Klaten 2 di alternatif manuver 1 adalah 1008,1 A menurut perhitungan manual dan menurut simulasi ETAP adalah 994,7 A dengan arus setting terendah pada OCR adalah 945 A. Nilai arus beban lebih besar dari setting arus OCR sehingga alternatif manuver 1 tidak dapat dilakukan. Nilai jatuh tegangan yang terjadi pada alternatif manuver 1 adalah 2,27% menurut perhitungan manual dan 2,5% menurut simulasi ETAP. Pada alternatif manuver 2 nilai arus yang mengalir pada saluran Pedan – Klaten 2 menurut hasil perhitungan manual adalah 481,410 A dan menurut simulasi ETAP 473,600 A. Sedangkan setting relai arus OCR terendah adalah 945 A. Nilai arus yang mengalir pada saluran Klaten – Bawen 1 menurut hasil perhitungan manual adalah 129,895 A dan menurut simulasi ETAP adalah 122,600 A. Nilai arus tersebut masih jauh dibawah nilai arus setting relai OCR terendah adalah 1.472 A. Untuk nilai arus yang mengalir pada saluran Klaten – Bawen 2 menurut hasil perhitungan manual adalah 129,895 A dan menurut simulasi 122,600 A. Nilai arus setting OCR terendah adalah 1920 A nilai arus beban masih berada jauh dibawah setting arus OCR. Pada alternatif manuver 2 persentase jatuh tegangan pada penghantar Pedan – Klaten 2 adalah 1,12% menurut perhitungan manual dan 1,1% menurut hasil simulasi ETAP. Sedangkan pada penghantar Klaten – Bawen 1 dan pada penghantar Klaten – Bawen 2 memiliki nilai yang sama yaitu menurut perhitungan manual adalah 1,11 % dan menurut hasil simulasi ETAP adalah 1,1%. Manuver jaringan saat bay Klaten 1 GI Pedan padam akibat adanya rencana pemeliharaan dapat dilakukan sesuai alternatif manuver 2 karena pada alternatif manuver 1 tidak memenuhi persyaratan manuver.


Ketersediaan

LT048.2021LT 048 ARI s 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
LT 048 ARI s 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xv, 81 hlm.: ill., 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this