No image available for this title

SKRIPSI

Penerapan metode denial of service pada jammer untuk sistem seluler



Edo Yogapasha, “Penerapan Metode Denial of Service pada Jammer untuk Sistem Seluler”, Tugas Akhir Sarjana Terapan Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Bapak Dr. Eddy Triyono, H., Drs., S.T., M.T dan Bapak Abu Hasan, S.T., M.T., Oktober 2020, 77 halaman.
Pada era sekarang ini, teknologi komunikasi semakin berkembang. Berkembangnya teknologi ini menimbulkan beberapa gangguan. Gangguan suara panggilan masuk dan pemberitahuan lainnya itu timbul pada tempat yang tidak tepat, seperti : di dalam ruang rapat, ruang ujian, dan tempat ibadah, yang seharusnya gangguan tersebut tidak diinginkan.
Untuk menghentikan gangguan tersebut ada salah satu cara yaitu dengan menggunakan perangkat jammer. Salah satu teknik yang digunakan dalam jammer adalah Denial of Service atau sering disebut DoS. Pada teknik ini perangkat mengirimkan sinyal noise yang sama pada frekuensi kerja telepon seluler untuk menurunkan rasio sinyal noise (SNR, Signal to Noise Ratio) dari telepon seluler.
Pengujian yang akan dilakukan ada 3 yaitu pengujian pertama mengetahui daya keluaran jammer. Kemudian untuk pengujian kedua yaitu mengetahui tegangan pada rangkaian pengendali jammer. Pengujian terakhir mengetahui kualitas sinyal panggilan suara pada 3G/UMTS. Provider yang digunakan pada pengujian ini ada 4 provider, yaitu Telkomsel, Tri, XL, dan Indosat.
Dalam pengujian menggunakan TEMS jammer menurunkan nilai Ec/No menjadi kategori sangat buruk yaitu pada range -34 dB sampai -15 dB sehingga kualitas panggilan menjadi buruk. Penurunan nilai Ec/No saat jammer aktif paling banyak terjadi pada provider Tri yaitu sebesar -15,93 dB dan yang paling sedikit terjadi pada provider Indosat sebesar -10,38 dB.


Ketersediaan

TE020.2021TE 020 EDO p 2021PERPUS POLINES (TA)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TE 020 EDO p 2021
Penerbit Politeknik Negeri Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 77 hlm.: ill., 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this