Image of RPG maker developing series (membuat game dengan RPG maker VX)

Text

RPG maker developing series (membuat game dengan RPG maker VX)



Buku ini secara garis besar berisikan tentang bagaimana cara membuat game via RPG Maker VX yang tercakup dalam 12 bab. Prolog dalam buku ini berisi sejarah RPG Maker VX dan RPG Maker VX Game sample atau contoh game tersebut yang dibuat menggunakan software RPG Maker VX. Bab 2 menjelaskan cara memahami user interface pada RPG Maker VX. Bab 3 berisikan mengenai beberapa komponen yang masing-masing komponen tersebut memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui setiap komponen pada Menubar, Toolbar, Tileset & Map List, serta untuk mengetahui Stage dan Status Bar. Dalam membuat game menggunakan RPG Maker VX perlu memahami konsep dan klasifikasi database terlebih dahulu yang dijelaskan dalam bab 4 dan penjelasan mengenai interface script editor dan penglompokan script terdapat pada bab 5.

 

Bab 6 membahas tentang material yang menjelaskan mengenai apa itu RTP, cara menggunakan fitur resource manager, dan cara menggunakan fitur sound test. Bab 7 membahas tentang mapping yang terdiri dari klasifikasi tileset, cara mendesain map, mengenaimap properties, berkreasi membuat berbagai jenis map, parallax background, passage settings, serta tips & trik mapping. Bab 8 membahas tentang event, seperti mengenal event, event commands, cara menggunakan event command, quick event creation, dan set as starting position.

Setelah memahami gambaran umum tentang RPG Maker VX, hal yang perlu dipahami selanjutnya yaitu mengenai programming. Programming dibagi kedalam dua bagian, yaitu programming 1 & 2. Pada bab 9 programming 1 berisi tentang merumuskan konsep, mengumpulkan bahan, mengatur database, dan mendesain map. Bab 10 programming 2 berisi tentang cara mengelola event dasar game, mengatur encounter musuh, mengatur plot & storyline, membuat minigame, dan mengatur vocab. Kemudian bab 11 dijelaskan mengenai testing, seperti mengenal metode game testing, apa itu “bug”, aspek-aspek apa saja dalam game testing dan melakukan testing pada game “Demon Slayer.” Pada bagian terakhir bab buku ini terdapat epilog yang berisi mem-publish game dan menginstal game buatan kita.

">

Buku ini secara garis besar berisikan tentang bagaimana cara membuat game via RPG Maker VX yang tercakup dalam 12 bab. Prolog dalam buku ini berisi sejarah RPG Maker VX dan RPG Maker VX Game sample atau contoh game tersebut yang dibuat menggunakan software RPG Maker VX. Bab 2 menjelaskan cara memahami user interface pada RPG Maker VX. Bab 3 berisikan mengenai beberapa komponen yang masing-masing komponen tersebut memiliki tujuan, yaitu untuk mengetahui setiap komponen pada Menubar, Toolbar, Tileset & Map List, serta untuk mengetahui Stage dan Status Bar. Dalam membuat game menggunakan RPG Maker VX perlu memahami konsep dan klasifikasi database terlebih dahulu yang dijelaskan dalam bab 4 dan penjelasan mengenai interface script editor dan penglompokan script terdapat pada bab 5.

Bab 6 membahas tentang material yang menjelaskan mengenai apa itu RTP, cara menggunakan fitur resource manager, dan cara menggunakan fitur sound test. Bab 7 membahas tentang mapping yang terdiri dari klasifikasi tileset, cara mendesain map, mengenaimap properties, berkreasi membuat berbagai jenis map, parallax background, passage settings, serta tips & trik mapping. Bab 8 membahas tentang event, seperti mengenal event, event commands, cara menggunakan event command, quick event creation, dan set as starting position.

Setelah memahami gambaran umum tentang RPG Maker VX, hal yang perlu dipahami selanjutnya yaitu mengenai programming. Programming dibagi kedalam dua bagian, yaitu programming 1 & 2. Pada bab 9 programming 1 berisi tentang merumuskan konsep, mengumpulkan bahan, mengatur database, dan mendesain map. Bab 10 programming 2 berisi tentang cara mengelola event dasar game, mengatur encounter musuh, mengatur plot & storyline, membuat minigame, dan mengatur vocab. Kemudian bab 11 dijelaskan mengenai testing, seperti mengenal metode game testing, apa itu “bug”, aspek-aspek apa saja dalam game testing dan melakukan testing pada game “Demon Slayer.” Pada bagian terakhir bab buku ini terdapat epilog yang berisi mem-publish game dan menginstal game buatan kita.


Ketersediaan

B00140649RB 006.696 HAM r C.1PERPUS POLINES (RAK 6)Tersedia
B00140650006.696 HAM r C.2PERPUS POLINES (RAK 6)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
006.696 HAM r
Penerbit Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 278 hal.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-5114-1
Klasifikasi
006.696
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Ada CD
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this