Image of Antena Prinsip & Aplikasi

Text

Antena Prinsip & Aplikasi



Dengan perkembangan teknologi dan aplikasi nirkabel, bermunculan pula berbagai jenis antena yang dirancang dengan karakter-karakternya yang berbeda-beda. Buku ini ditulis untuk memberikan ulasan tentang prinsip dasar dari antena dan pemakaiannya di pelbagai aplikasi. 

Bab 1 membahas dasar, sejarah singkat dan esensi antena dalam telekomunikasi, yang dilanjutkan dengan bab 2 tentang besaran-besaran penting yang mengkarakteristikkan antena. Besaran-besaran penting ini menjadi parameter dalam spesifikasi sebuah antena, yang harus dipenuhi pada proses perancangannya. 

Karena dasar dari ilmu dan teknologi antena adalah elektromagnetika, tidaklah lengkap kalau tidak disinggung persamaan-persamaan Maxwell dan solusinya. Bab 3 mendapatkan tugas untuk melakukannya, solusi untuk struktur antena sederhana, yaitu dipol dan loop Hertz diberikan di sini. Bab 4 memberikan solusi untuk antena yang lebih aplikatif, yaitu dipol panjang yang juga sering digunakan pada aplikasi nirkabel dewasa ini. Antena dipole panjang ini adalah jenis antena kawat. 

Dalam banyak aplikasinya, sering kali digunakan sekelompok antena, yang membentuk suatu formasi tertentu. Kelompok antena ini dinamakan array. Bab 5 membahas teori dasar array, dan efek dari perubahan parameternya terhadap pola pancar antena. 

Bab 6, 7 dan 8 membahas jenis-jenis antena aperture, horn, reflektor dan antena mikrostrip. Di sini dijelaskan prinsip dasar masing-masing antena, perancangan dengan menggunakan rumus dan kurva sederhana. sampai penggunaan software. 

Perkembangan multimedia, yang ditandai dengan semakin besarnya data yang harus dikirimkan, seperti video, menuntut jaringan komunikasi nirkabel yang semakin berkinerja tinggi, memiliki lebar pita yang besar, bahkan sangat besar, atau multiband. Bab 9 membahas jenis-jenis antena yang memiliki karakter seperti itu. Bab 10 membahas pengukuran besaran besaran penting antena. Dua terobosan menarik yang dilakukan pada teknik 

antena, yaitu teknik konfigurasi ulang antena dan sistem Multiple Input Multiple Output (MIMO) menjadi pokok bahasan di bab 11. Bab 12 ditulis untuk aplikasi antena pada beberapa sistem nirkabel yang populer sekarang ini, yaitu sistem seluler, Wireless Local Area Network (WLAN) dan Radio Frequency Identification (RFID). Bab terakhir memberikan ulasan singkat beberapa metode numerik yang biasanya dipakai untuk menganalisa dan merancang antena, yang diharapkan bisa memberikan gambaran singkat kepada pembaca, metode apa yang bisa mereka gunakan dan software mana yang bisa dipakai. 


Ketersediaan

I5555134333X621.3824 MUD a C.1PERPUS POLINES (RAK 23)Tersedia
I5555134334X621.3824 MUD a C.2PERPUS POLINES (RAK 23)Tersedia
I5555134335X621.3824 MUD a C.3PERPUS POLINES (RAK 23)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
621.3824 MUD a
Penerbit Graha ilmu : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 324 Hal, 23 Cm, Illus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-756-731-6
Klasifikasi
621.3824
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLCite this